Jumat, 17 Juli 2020

Indonesia Fundraising Award; Pertama Mengapresiasi Lembaga Kemanusiaan di Indonesia

"Insyaallah besok abang berangkat penyaluran donasi," kata suami sesaat setelah sampai di rumah.
"Berapa lama?"
"Dua atau tiga hari. Ada beberapa titik dalam satu kabupaten."


Sejak menikah, suami memang bekerja sebagai social worker. Dapat kabar ia harus keluar kota secara mendadak bukan hal aneh lagi buat saya. Istilahnya tuntuan profesi. Dimana dibutuhkan, ia akan siap menjadi relawan.

Bahkan sampai sekarang, setelah delapan tahun kami menikah, suami masih kerap turun lapangan guna ikut menggalang donasi atau fundraising. Tentu saja, saya sudah sangat akrab dengan ranah sosial kemanusiaan.

Saat membaca undangan untuk para blogger hadir pada acara Indonesia Fundraising Award (IFA) 2020 saya begitu antusias. Event ini pertama di Indonesia sebagai apresiasi bagi lembaga zakat, lembaga kemanusiaan ataupun NGO (Non Goverment Organization) yang diselenggarakan oleh Institut Fundraising Indonesia (IFI).


IFI sendiri merupakan lembaga yang bergerak dalam training fundraising profesional. Dengan komitmen untuk memandirikan NGO Indonesia melalui public fundraising, IFI aktif melakukan berbagai kegiatan dan berjejaring dengan banyak lembaga. 

Menilik hasil penelitian dari Charities Aid Foundation yang dirilis pada awal November 2018 lalu, menempatkan Indonesia sebagai negara paling dermawan melampaui Australia dan Selandia Baru. Survei tersebut diikuti 150 ribu orang dari seluruh dunia.

Ada tiga kriteria yang ditetapkan oleh lembaga amal di Inggris itu yakni membantu orang yang tidak dikenal, memberi sumbangan, serta menjadi relawan.

Masyarakat Indonesia dinilai memiliki faktor ‘memberi sumbangan’ yang tinggi. Setidaknya dibuktikan dengan hadirnya berbagai kegiatan galang donasi ketika terjadi bencana atau kasus kemanusiaan.

Antusias masyarakat dalam membantu sesama haruslah diakomodasi oleh lembaga yang profesional dan amanah, tentu saja.

Semakin bertumbuhnya lembaga zakat dan kemanusiaan merupakan sinergi kebaikan. Sehingga semakin luas jangkauan masyarakat yang mendapat kebermanfaatan bantuan.

Sebagai contoh, potensi zakat nasional pada tahun 2020 yang mencapai Rp. 340-an triliun. Pernyataan yang diungkapkan oleh Bambang Sudibyo, ketua Baznas pada Wartawan Februaru 2020 lalu. Namun besarnya potensi zakat nasional belum sepenuhnya bisa dikelola dengan baik. Salah satunya membutuhkan peran aktif lembaga zakat.

Guna memotivasi lembaga zakat dan sosial kemanusiaan melakukan kaderisasi SDM fundraising, maka di ajang Indonesia Fundraising Award menetapkan enambelas kategori penerima penghargaan.

Menurut keterangan panitia, awalnya event ini akan digelar pada Maret lalu. Namun karena kondisi pandemi, maka baru terlaksana pada 9 Juli 2020 melalui daring.

Adapun tim juri terdiri dari  tiga orang yang memang memiliki independensi dan kompetensi. Ketiganya yakni Ahmad Juwaini, direktur KNEKS (Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah), Arlina Fauziah Saliman, Direktur IFI, serta Agus Budiyanto, Direktur Eksekutif Forum Zakat.

"Event ini untuk meningkatkan semangat dan motivasi para pelaku fundraising di lembaga zakat dan lembaga kemanusiaan. Sehingga betul-betul menggelorakan fundraising yang membantu menyejahterakan masyarakat Indonesia,” ungkap Ahmad Juwaini, ketua tim juri pada kata pengantarnya.

Setelah melalui proses setahun sebelumnya, sejak pendataan lembaga, verifikasi berkas, penentuan nominasi hingga penetapan pemenang, akhirnya diumumkanlah para peraih penghargaan IFA 2020. 

Berikut para pemenang IFA 2020.



“Mau lihat gak?” kata saya seraya menyerahkan handphone ke suami.

“Oh kamu ikut acara ini,” komentar suami. Matanya masih lekat menatap layar. Menyimak satu persatu nama lembaga yang mendapat penghargaan. “Wah ada ini,” ia menyebut beberapa nama lembaga dimana ia sering ikut melaksanakan program-programnya.

Selamat dan semoga berkah untuk semua pemenang. Meskipun mendapat penghargaan bukanlah tujuan namun setidaknya dapat menjadi motivasi untuk lebih baik lagi.

Senang sekali saya bisa mengikuti acara Indonesia Fundraising Award 2020. Menambah wawasan sekaligus kebanggaan bahwa ternyata banyak hal sudah dilakukan oleh lembaga zakat dan sosial kemanusiaan di Indonesia.

Sukses untuk Institut Fundraising Indonesia atas event fenomenalnya. Di tahun-tahun mendatang semoga bisa lebih baik lagi dalam pelaksanaan. Dan menjadikan IFA sebagai event bergengsi namun tetap mempertahankan asas kemanfaatan bagi ummat.
***

#IndonesiaFundraisingAward2020
#InstitutFundraisingIndonesia


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

RUMAH BACA AL-GHAZI

RUMAH BACA AL-GHAZI