Rabu, 29 Juli 2020

Ibadah Kurban Bukti Ajaran Islam Moderat

Salah satu ibadah tahunan bagi umat Islam adalah berkurban. Pada prinsipnya berkurban hampir sama dengan ibadah maaliyah (harta) lainnya. Seperti sadaqah, infaq, maupun zakat. Namun setiap ibadah tersebut memiliki ketentuan masing-masing.



Berdasarkan sejarah, berkurban diawali dari peristiwa Nabi Ibrahim as. yang mendapat ujian dari Allah untuk 
menyembelih anaknya, Ismail.

"Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, "Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!" Dia (Ismail) menjawab, "Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar."

Hal ini diabadikan dalam Al-Qur'an surat  As  Saffat ayat 102. Dan kemudian diperintahkan untuk berkurban kepada umat Islam sebagai wujud kepatuhan paripurna kepada Allah.

Dalam QS Al-Kautsar ayat 2 yang artinya: "Maka kerjakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).”

Sebagian besar ulama fiqih, menyatakan bahwa hukum berkurban sunat muakkad. Artinya perintah yang sangat dianjurkan namun belum sampai wajib. Itu pun tidak untuk semua orang melainkan bagi siapa yang mampu. 

Ada hal yang juga unik dalam pada setiap ibadah maaliyah. Bahwa Islam mengajarkan untuk tidak menjadikan harta sebagai penghalang dalam beribadah. Kecendrungan manusia mencintai harta yang dimiliki harus tetap tunduk pada ketaatan pada Allah. 

Akan tetapi, Islam memerintahkan untuk menjaga harta. Termasuk lima hal yang menjadi kebutuhan manusia dan harus
dijaga atau dharûriyyâtul-khamsy yakni jiwa, keluarga, agama, akal serta harta. 

Di dua kondisi inilah, membuktikan bahwa ajaran Islam sangat moderat. Berada pada pertengahan dalam bersikap.

Sebagai contoh aturan bagaimana seorang muslim berlaku pada harta mereka. Terdapat larangan berlebihan dan berlaku boros. Namun dianjurkan untuk banyak bersedekah.

Seperti juga ibadah kurban. Yang meskipun tidak diwajibkan tetapi menjadi bentuk kesyukuran seorang hamba terhadap nikmat yang telah dianugerahkan oleh penciptanya.

Dengan demikian, jelaslah bahwa ajaran Islam sempurna dan sangat sesuai dengan fitrah manusia. ***

#ForumLingkarPena #FLPSumsel #LampauiBatasmu



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

RUMAH BACA AL-GHAZI

RUMAH BACA AL-GHAZI